Sabtu, 23 April 2016

Desain Rumah Kecil Minimalis

Rumah kecil minimalis via www.bibeh.com

Setiap orang perlu tempat untuk bernaung, salah satu pilihannya adalah rumah. Apartemen bisa menjadi salah satu pilihan, namun harga yang relatif menjadi memandang sebelah mata. Desain rumah kecil minimalis biasanya menjadi salah satu pilihan bagi pasangan yang sedang meniti karir sebagai rumah sementara.

Saat memutuskan membangun sendiri rumah kecil yang akan ditempati, Anda perlu memastikan kualitas bahan bangunan yang digunakan tetaplah sesuai. Jangan sampai rumah Anda rusak begitu cepat karena menggunakan kualitas bahan bangunan yang tidak sesuai.

Bermacam-macam aspek dapat menetukan ketahanan bangunan tersebut, mulai dari kedalaman pondasi rumah, pemilihan batu fondasi rumah, pemilihan semen, pemilhan bata untuk dinding, pemilihan atap, dan segala aspek yang mendukung untuk membangun rumah. Desain rumah kecil minimalis yang dibangun sesuai dengan syarat pembangunan akan menjadi lebih berkualitas dan layak huni.

Pada bagian eksterior rumah Anda bisa menyisakan sedikit halaman untuk menanam sayuran atau bunga favorit Anda agar kesan minimalisnya kentara. Pemilihan pagar rumah juga perlu diperhatikan, sesuaikan dengan konsep minimalis Anda dan isi kantong tentunya. Pagar sederhana saja yang dapat menjadi batas antara rumah Anda dengan luar rumah serta dapat melindungi Anda dari gangguan luar.
taman rumah kecil minimalis desaincantik.com
desain pagar untuk rumah kecil minimalis

Pada desain interior, memiliki rumah kecil bukan berarti tidak bisa mendekor rumah secara leluasa. Bukan ukuran yang menjadikan rumah terlihat indah, namun kreativitas si penghuni dalam mendesain lah yang menjadi penentunya. Terkadang si penghuni rumah harus benar-benar memutar otak untuk mendesain rumah kecil yang ia miliki agar terlihat indah dan nyaman ditempati.

Gunakanlah furnitur-furnitur berukuran kecil yang sesuai dengan rumah mungil Anda. Pastikan Anda benar-benar sudah mengukur luas ruangan yang ada sebelum membeli furnitur. Furnitur yang terlalu besar akan memakan ruangan Anda dan membuatnya terlihat sempit.
Desain interior rumah kecil minimalis via fotorumahidaman.info
Pilihlah tema dekorasi yang simpel seperti minimalis atau country dengan upholstery (kain pelapis biasanya pada sofa) berwarna cerah. Gunakan kombinasi 2:1 (2 warna monokromatis, 1 warna aksen). Terlalu banyak warna dan motif akan membuat rumah terasa “ramai”. Gunakan material penutup lantai berwarna terang dengan motif sederhana.

Berikan pencahayaan dari luar sebanyak mungkin. Semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam, ruangan akan nampak lebih luas daripada ruangan dengan sedikit pencahayaan matahari. Bidang transparan seperti jendela berukuran besar setinggi pintu membuat ruangan mendapat lebih banyak cahaya, udara, dan tampak lapang.
Contoh desain interior yang memanfaatkan cahaya dari luar
Kontrol barang-barang dengan dua cara, pertama, rem keinginan atau hasrat belanja. Kedua, maksimalkan tempat penyimpanan. Manfaatkan ruang bawah tangga, kolong tempat tidur, bagian atas lemari, atau kolong kursi. Apabila terdapat barang tercecer dimana-mana rumah akan tampak tidak rapi, maka dari itu maksimalkan ruang kosong yang ada sebagai tempat penyimpanan.

Manfaatkanlah dinding, bidang dinding bisa dijadikan sebagai alternatif tempat penyimpanan. Buat rak atau konsol sepanjang dinding untuk menyimpan buku, mainan anak, dan berbagai koleksi. Desainlah rak-rak tersebut seartistik mungkin sehingga pas sebagai bagian dari dekorasi interior. Dinding ternyata juga bisa dijadikan tempat penyimpanan agar desain rumah kecil minimalis terlihat lebih rapi.

Demikian itu tips desain rumah kecil minimalis, ingat kembali bahwa memiliki rumah kecil bukan berarti tidak bisa mendekor rumah secara leluasa. Bukan ukuran yang menjadikan rumah terlihat indah, namun kreativitas si penghuni dalam mendesain lah yang menjadi penentunya. Selamat mendekorasi rumah Anda dan semoga bermanfaat.



Deskripsi: Desain rumah kecil minimalis dengan pemilihan eksterior yang sederhana serta desain interior yang memperlihatkan rumah terlihat lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar